Saturday, October 24, 2009

Sydney, Australia


Jakarta Oktober 03, 2009 (5.14 AM)

Dear Diary,

Beautiful Sydney, Australia..


Hello guys..ini tulisan blog pertama mengenai traveling gw..hehhe masi amatiran sih tapi semoga dapat membantu yach!!! First of all, gw Eka Anita..emm ide ini tercetus dari seseorang yg memberikan inspirasi dan support buat gw untuk menulis blog traveling, kebetulan gw adalah cewe yg suka nulis diary (biasaya sih isi diary curhatan hati doang :P) tapi kali ini gw mo share informasi about my traveling.


FYI, Gw brangkat tgl 14 July 2008 dengan tujuan Sydney, Aussie.

Ok, Pertama yg harus disiapkan adalah Passport and Visa. Dikarenakan adanya bad news tentang Indonesia, maka kita orang Indonesia agak kesulitan untuk dapat masuk ke Australia walau kamu punya uang yg cukup untuk jalan2.
Passport waktu itu gw buat sekitar tahun 2008 pake calo sih harganya 500.000 (ini calo gw dapet dari temen) enaknya tu calo yg bolak balik urus surat2, gw cuma dateng untuk foto dan wawancara. Katanya sih kalo urus passport sendiri murah sih sekitar 150.000 an, tapi untuk orang seperti gw yg ngantor agak kesulitan aja kali kalo harus bentar2 ijin untuk urus ini itu so gw memutuskan pake calo aja. Tips bagi yg mo wawancara, harus jawab dengan tegas ya…karena ada tuh temen gw yg gagal wawancara harus “bayar” alias sogok si tukang wawancaranya bayar 100.000 (duh gileee ajib mahal kan).
Btw, pengurusan passport sudah online kantor nya jadi bisa dimana aja tergantung kamu deket nya kemana?..FYI, Passport berlaku untuk 5 tahun, kalo sudah habis kamu bisa perpanjang lagi.

Selanjutnya pengurusan Visa …nah ini nich yg tersulit, berhubung gw punya koneksi di embassy Aussie so Puji Tuhan gw dapet kemudahan hahahahhaha.
Surat – surat yg harus di lengkapi untuk Visa Turis :

1.Passport asli kita punya.
2.Fotokopi Passport & Visa dari Supporter yg stay di Aussie (Kalo bisa yg da PR – Permanent Residence).
3.Fotokopi Invitation Letter dari University (kebetulan gw mo dateng ke acara wisuda sodara).
4.Fotokopi buku tabungan gw dan Sponsor. Kalo tabungan loe ga gitu banyak, bisa kok pake buku tabungan Sponsor, misal Tante loe yg berangkat bareng. Karena Aussie hanya mo pastikan para turis yg pergi punya cukup uang untuk living cost selama di ausie dan menghindari adanya imigran gelap.
5.Surat Sponsor dari kantor kamu bekerja.
6.Untuk apply Visa Turis wajib download Form 48R, websitenya www.immi.gov.au atau www.vfs-au-id.com. Untuk pengisian Form 48R ini pun ada taktik tersendiri dan harus hati hati banget, usahakan tidak ada tip ex atau coretan di form aplikasi visa.
7.Foto 4 x 6 (bebas) 1 lembar.
8.Fotokopi Kartu Kluarga.
9.Foto Sodara yg akan Graduation.
10.Tulisan Tangan si Sponsor yg akan mensupport semua living cost kita selama di ausie. Surat ini ga ada bentuk bakunya, kamu bisa tulis secara formal, singkat, n jelas aja tulis nama si Penanggung dan nama yg di Tanggung berikut no passport dan hubungan si penangung dan yg ditanggung apa?

Btw, tempat pengumpulan aplikasi Visa kantornya di :

Plaza Abda (Plaza Asia) Jl. Jend. Sudirman Kav. 59 Lt. 21
Submission Time : 8.30 am - 4 pm
Collection time : 2 pm – 4 pm
Telp : 514 01 590/91
Working Days : Monday – Friday
Website : www.vfs-au-id.com
www.immi.gov.au
www.austembjak.or.id
Email : info.diacid@vfshelpline.com

Biaya pengurusan Visa kurang lebih waktu gw urus ya sekitar 800.000 an (tahun 2008) tapi sekarang da naik jadi sekitar 1 juta an. Itu untuk 1x masukin aplikasi Visa Turis, kalo visa kamu sampe ditolak uang tidak kembali.
Proses pengurusan Visa kurang lebih 1 minggu, kalo ga kamu dapat mengakses web nya dan masukin no antri yg didapat waktu kamu nge-lodge aplikasi visa. Nanti ketahuan status aplikasi nya approved ato tidak?

Sebelum Visa di dapat, usahakan kamu hanya booking tiket pesawat, jgn sampe beli dulu. Kalo aplikasi visa turis da dapet baru deh deal – in tu tiket. Oh ya waktu itu gw dapet Visa Turis untuk 1 tahun, dalam arti gw dapat stay ampe 1 tahun di Aussie tapi tiap per 3 bulan g harus balik ke Indo terus baru deh bole dateng lagi ke Aussie. Waktu itu gw berangkat naek Qantas kelas Victoria (ini kelas ekonomi alias paling murah) dengan rute Jakarta – Perth - Sydney, karena gw ga dapet rute Jakarta – Sydney tiket da pada habis berhubung itu memang graduation season jadi full. Gw dapet tiket termurah (PP) dengan harga USD 810 an dengan kurs waktu itu 9.000 an. Karena ada tante kerja di Panorama Tour, hehhe lumayan gw dapet tiket termurah karena dia selalu pantau tu tiket Qantas.


Next step, persiapan koper ini ga kalah penting. Kamu wajib perhatikan peraturan – peraturan ketika mo masuk ke negara Aussie. Beban koper max 20 kg, kalo lebih dari itu per kg nya di kenakan charge lagi kurang lebih USD 12.
Barang – barang yg ga boleh di bawa (kalo kamu nakal bisa bisa di suruh balik ke Indo dan ga bisa masuk) seperti :

•PENTING bangetzzz, jangan bawa makanan daging – dagingan, seperti sambel udang ga bole, ato kue bacang, daging dalam kaleng. Tapi bawa makanan kering kayak nastar, kastegnel itu boleh kok..gw aja bawa 1 koper kecil hahhahhaha secara nastar n kastegnel itu ga ada disana kalo pun beli mahal bener..
•Bawa parfum, lotion di tas yg akan di taro di kabin harus max 100 ml isinya, kalo parfum or lotion lebih dari 100 ml sebaiknya di simpan dalam koper yg akan di taro di bagasi pesawat.

Ketika bulan July adalah musim Winter tapi ga ada snow nya di sana, so jgn lupa beli baju hangat, sepatu, sarung tangan, kaos kaki, dan syal. Disana kalo winter anginnya kenceng dan dingin sekali.

Qantas adalah pesawat dari Aussie langsung dan hanya ada 1x flight dalam 1 hari ke Jakarta. Biasanya Qantas akan landing di Terminal 2 (terminal untuk Abroad Flight).
Ketika di bandara Soekarno Hatta, ada beberapa step nih gw juga baru tahu hahhahahaha…secara ini flight pertama gw naek pesawat . Pertama antri di line counter Qantas untuk timbang koper dan tuker e-ticket dengan tiket sesungguhnya, harap antri 1 jam sebelum flight ya..biar ga buru2 n ketinggalan pesawat. Baru deh bayar Fiscal n Tax (dulu blom punya NPWP) sekitar 1.100.000..selanjutnya bisa masuk ke Terminal (terminalnya jalannya jauh juga loh!) Da gitu baru deh tunggu di lobby nya sampe pesawat dateng dan kita baru bisa bording (tungguin pengumuman aja)

Emmm ini nich pengalaman pertama gw naek pesawat, agak deg deg an hahhahahahah terus bingung dengan peraturan dalam tu pesawat. Tapi gw cukup takjub dengan pelayanan dan kebersihan serta cara kerja pihak Qantas. Pertama tu pesawat besar, bersih, dan pramugarinya handal. Walau itu kelas Ekonomi, tapi luar biasa dari bangkunya gede, bersih n dapet selimut serta headset untuk nonton TV, makanannya enak dan kita bisa pilih berbagai minuman dari juice, susu, kopi, atau wine sekalipun. Yang terutama sih, tu pesawat tenang banget waktu flight, ga da getaran ato goncangan sedikitpun, so tidur pun terasa nyenyak
So Rute gw itu Jakarta – Perth – Sydney..waktunya kurang lebih gw berangkat sekitar jam 1 pagi Indonesia – nyampe di Sydney jam 6 sore wkt sana sih, so total 9 jam. Beda jam antar Jkt – Syd pas winter adalah 3 jam tapi kalo Summer 4 jam. Jangan lupa siapin uang receh sekitar 3 AUD dollar koin, untuk bayar Trolley..krn trolley di sana bayar ga kayak di Indo..gretong hahahhhahaha.

Paddys Market

Nah nyampe deh gw bersama Tante di Sydney..wah kota yg indah, teratur, bersih banget udaranya. Karena badan da cukup cape dan kelelahan makanya gw bobo besok baru deh jalan jalan. Pertama gw pergi ke City, pusat bisnis Aussie ada di Sydney tersebut so banyak gedung perkantoran mirip Sudirman dan juga Mall mall bergengsi. Ada satu daerah yg disebut “China Town” itu kayak Glodoknya si Sydney lah..yg gw tertarik sih sama pasar tradisionalnya namanya “Paddys Market” yang isinya itu pasar yg jual sayur mayur ya banyak penjual yg teriak “Cheaper cheaper 1 dollar 1 dollar” hahahhahaah  ya lucu juga sih gw kira pasar tradisional ada di Indo doang. Tu pasar anehnya jualan hanya hari Kamis. Dikarenakan harga sayur mayur di sana paling murah di banding beli di Coles ato Wollworth Market, so gw bela belain deh kalo blanja sayur untuk masak 1 minggu beli nya di Paddys Market itu. As FYI, kalo harga daging di sana lebih murah di bandingin harga sayur..loe pikir aja gw bli kangkung seharga AUD 2 per iket nya? Alias itu 16.000 rupiah gileeeeeeeee….sejak itu gw ga mo bli kankung mahal bener..mending beli daging 1 kg nya sekitar 5 dollar.


Fish Market

Tempat yg fun lagi adalah Fish Market…kalo loe pecinta Seafood ..wah wajib banget kesana…doh seafood di sana besar besar, bersih, dan segar deh ga rugi kesana. Terus kita bisa makan di pinggir pantai yg dimana banyak perahu modern merapat..so enak deh pemandangannya. Berhubung g makan jam 4 an ya dimana tu Fish Market mo tutup biasa mereka sale habis habisaan, gw beli seharga 10 dollar bisa dapaet banyak dalam 1 tempat strerofom besar loh!!!!! Gw dapet kerang, cumi, ikan, udang, nasi goreng wah ga rugi deh gw bisa makan rame2 tu!!!!


Darling Harbour

Emm tempat yg terkenal mungkin kamu tahu yaitu “Darling Harbour” itu adalah pelabuhan dimana banyak perahu perahu besar merapat dan di pinggirnya itu ada banyak mall kecil yg jualan makanan serta cafĂ©. Darling Hourbour di pakai pula untuk tempat wisata banyak turis kesana..ada pula pertunjukkan badut jalanan yg lucu. Kalo mo foto foto disana bagus banget pemandangannya. Ga jauh dari Darling Harbour, jalan sedikit sekitar 20 menit..loe bisa mampir ke tempat judi ala Las Vegas nya Sydney punya, namanya “Star City”. Disana kalo mo masuk harus bawa passport, hanya yg umurnya diatas 17 tahun yg boleh masuk. Disana loe bisa daftar pake passport loe, untuk dapetin kartu refill mirip kartu Time Zone, terus di kasi Free 10 dollar untuk kita nyobain permainan. Wah tempat nya keren banget deh…bener2 mirip tempat judi yg gw liat di TV2…kalo mo makan disana juga murah, makan daging steak, kentang + minum cuma 6 dollar. Ada juga mesin minuman free loh, loe bisa minum kopi, susu, ato teh gitu deh ya minum nya pake kartu tersebut.


Bioskop

Bioskop di sana sekitar AUD 12 termasuk dapet minum kayak bubble cup gitu. Ternyata layar bioskop dan soudsystem disana ga sebagus yg ada di Indo. Menurut gw sih jauh lebih baik nonton bioskop di Indo.


Blue Mountain

Untuk tempat pemandangan yang bagus adalah Blue Mountain. Gw pergi kesana dengan menyewa mobil kluarga yg muat sekitar 6 orang. Kebetulan gw tinggal di daerah Mascot perjalanan ke Blue Mountain sekitar 3 jam tanpa macet loh dengan speed sekitar 100 km/jam. Nyampe disana wah gw liat pemandangan tebing tebing besar ada 3 tebing menjulang disebutnya 3 Sisters dan juga hutan lebat dan lembah yang luas sekali dengan adanya pula langit biru yg cerah jadi itu tempat jadi lebih luar biasa pemandangannya. Ada pula suku Aborigin asli memainkan alat musik tradisional. Jadi suku Aborigin itu mirip suku Irian Jaya pake koteka dan muka di coreng2 gitu terus maen alat tipu yg besar n panjang mirip terompet, itu menjadi daya tarik di sana sih, banyak turis yg foto si Aborigin. Terus dari sana kita lanjut ke “The Valley”, tiket masuk sekitar AUD 25 itu da termasuk naek roller coaster kecil yg letaknya ditengah tebing, dari arah atas turun kebawah..duh serem banget deh. Lanjut naek Kereta Gantung besar kapasitas bisa 20-30 orang dari satu tebing menyebrang ke tebing satu lagi yg dimana tengah-tengah di bawah itu ada jurang besar, pemandangan menakjubkan…awosome!!! Two thumbs for God who created those views! Terakhir kita nyampe di tempat penambangan batu bara yg sudah tidak aktif, dan ada alat2 penambangan tradisional yg dipajang di etalase.

Parliament House “Capital Hill”

Dah nyampe deh ke tempat jalan jalan terakhir yaitu “Capital Hill” ini Gedung MPR/DPR nya Aussie, letaknya di kota Canberra. Dari Sydney, New South Wales (NSW) ke Canberra naek mobil sekitar 3 jam. Masuk ke Capital Hill ini Gratisssss…..dan tempatnya bagus banget. Ada area area yg boleh di kunjungi ada juga yg di tutup untuk umum.
Based on history nama Canberra itu diambil dari bahasa asli suku Aborigin yaitu “Kamberra” yg artinya “tempat bertemu”. Untuk mengetahui lebih lanjut sejarah Canberra bisa kamu baca di www.nationalcapital.gov.au.


Transportasi

Transportasi di Aussie sangat teratur dan bersih namun mahal dibanding kalo kamu naek MRT (Mass Rapid Transportaion) di Negara Singapore. Misal waktu itu gw naek MRT dari Mascot ke City ya sekitar 15 menit itu harganya AUD 5 something deh doh mahal banget dibanding kan dengan Singapore hanya dibawah 1 dollar sing. Living cost termahal sih katanya memang di kota Sydney, berhubung ini adalah kota metropolitan pusat bisnis negera Aussie. Kalo bus, kamu dapat beli 1 tiket isi 10 trip di minimarket, lebih murah dibanding kamu bayar ongkos bis manual alias masukin uang koin ke mesin bus.
Peraturan naek bus di sana pun sangat teratur dan jelas..misal nih kamu mo naek bus ke city, disana disediakan list bus apa aja dengan trayek tujuannya. Fyi, bus disana merk Mercedes, sangat bersih, rapi, aman dan orang2 yg naek pun banyak yg berdasi bahkan ada cowo kantoran bawa tas LV asliiiiii glekkkk gile ajib..kalo pake LV di Indo da bisa di rampok!!!! ahhahhahaahaha


Oleh Oleh

Oh ya, kalo loe mo dapet oleh oleh murah mending beli di Paddy Market. Loe bisa beli gantungan kunci 1 dollar/pcs, tempelan kulkas 5 dollar/3pcs, dan Kaos 20 dollar/ 3pcs..ada juga tas terbuat dari kulit, dll. Da sekitar 1.5 bulan jalan-jalan, waktunya untuk gw pulang. Fiuhhh untung pulang dengan rute Sydney – Jakarta, dengan waktu sekitar 7.5 jam naek. Pulang jam 4 PM waktu Sydney nyampe Jakarta jam 7 malem, sekitar 30 menit ada delay sih tp gpp. Pengalaman yg menyenangkan dan gw sangat amazed dengan Aussie yg bersih udaranya, rapi, teratur dan fun penuh budaya yg berbeda dari Indonesia.

Nah finish deh cerita travelling oz kali ini..thanks ya da mo luangin waktunya tuk baca2 blog-ku semoga bisa nambah info buat temen2 yg rencana mo jalan2 ke Ausie.. have a nice travelling =) bye...n cu

No comments: