Saturday, October 24, 2009

Green Canyon, Pangandaran




Jakarta, October 10, 2009 (6.43 PM)

Aloha....^^

Hi hi ktemu lagi neh sama Eka. Gw mo certain tentang keindahan Green Canyon ala Pangandaran, yuk kita mulai aja! Btw, jalan2 kali ini gw ikut tour dari Sunburst, brangkat tgl Sept 21 – 23, 2009 pada hari lebaran, 3 hari 2 malam, dengan harga paket tour 855.000. Pendaftaran dapat dilakukan by online, atau telpon langsung ke Sunburst Paket tour ini termasuk biaya Hotel, Bus, Tour guide serta Tiket masuk goa – goa, tapi diluar biaya makan dan permainan yach!.
Gw nginep di hotel bintang 2, namanya Panorama yg fasilitasnya sbb : AC, ranjang ukuran Queen, TV, kamar mandi bak tanpa shower. Hotelnya cukup bersih dan nyaman kok!. Mengenai bus, gw ikut bus sedang dengan bangku 2 kanan kiri, ada TV, AC, supir dan keneknya. Brangkat Sept 21, jam 6 pagi dengan meeting point di depan lobby utama Mall Taman Anggrek. Sedikit ngaret sih brangkatnya, sekitar jam 7 baru jalan ya tau deh budaya ngaretnya Indonesia hohohohoho..Yang ikut tour kurang lebih 25 orang itu include 2 tour guide.

Perkiraan dari Sunburst kalo jalan lancar, ga pake macet dari Jakarta ke Green canyon sih 9 jam, tapi ternyata di luar perkiraan hiks hiks…jadinya sekitar 14 jam bo!!!!!


Trayek yang kita lewatin yaitu lewat tol Padalarang (tol tuk ke Bandung) selebihnya gw ga hafal karena ikutin bus jalan. As for your info aja, kalo cari makan di restoran pas Lebaran itu susah banget, Resto pertama kehabisan nasi, resto kedua di Restoran Empal Gentong kita mampir dan makan ala prasmanan ambil sendiri. Disini makanannya enak euy dan gitu harganya ga gitu mahal loh. Sambil menahan maag, gw mencoba untuk mam hiks hiks .
Abis mam kita melanjutkan perjalanan..terasa lama dan jauh sekali…..akhirnya jam 9 malem kita nyampe di Pangandaran. Wow ternyata Pangandaran seperti kota wisata tersendiri yg didalam lingkungan tersebut ada Hotel2, Restoran, Toko oleh-oleh dll tapi bercampur dengan rumah rumah penduduk pula. Karena perut da demo, semua orang yg ikut tour hanya taro tas di kamar2 masing2 lalu lanjut deh makan malam seafood. Restoran Seafood disana dengan sistem jualan, pilih mo jenis seafood apa? (biasanya belinya per kg) dan makan rame2. Jenis seafoodnya pun bermacam2 ada kepiting, kerang, cumi, ikan hiu, dll pokoknya lengkap deh, semuanya pun fresh dan ukurannya besar2 serta bersih.
Tips nya kalo mo makan seafood, lebih baik makan rame2, beli seafoodnya kiloan aja lalu share deh harganya rame2, pasti jatuh harganya lebih murah dan bisa punya banyak pilihan aneka seafood. Hari pertama ga banyak aktifitas karena kita sudah kelelahan di perjalanan, habis makan seafood kita maen kembang api di pantai nya sesudah itu istirahat. FYI, di Pangandaran banyak penyewaaan sepeda atau ATV dengan harga murah. Untuk ATV sewa 1 jam = Rp. 50.000. Ada banyak tukang temporary tato pula.



Hari kedua…nah ini dia Main Menu nya yaitu ke Green Canyon yipppiieee…
Bangun pagi siap siap mandi n sarapan dulu, jarak tempuh dari hotel ke GC sekitar 30 menit. Sampe disana kita naek perahu nelayan tapi da pake mesin boat kok, itu muat sekitar max 6 tamu, di tambah 2 tour guide. Jarak dari dermaga ke GC nya sekitar 15 menit, tiap perahu ada 2 orang tour guide yang menjalankan perahu dan akan men-guide kita berenang di danau GC. Sesampainya ditempat berenang, kita melakukan nego dengan si Tour Guide, biayanya kurang lebih 100 – 150 ribu untuk 6 orang/perahu, biaya tersebut adalah biaya sewa pelampung, biaya tour guide selama 30 menit tuk berenang, serta perahu utk mengantar.
Di Green Canyon banyak Stalaktit2 dengan tetesan air murni dari atas, lalu air danau hijau yg jernih dan bersih sekali. Kedalaman danau hijau Green Canyon sekitar 7 meter, tapi kita masih bisa melihat dasar nya yaitu skalatit2 (keren banget deh!!!). Lalu kanan kiri ada tebing tinggi yg di tutupi lumut serta pohon2 hijau.
Jangan lupa pakai pelampungnya, lalu berenang mengikuti si tour guide. Ketika berenang ke arah air terjun agak sulit, karena kita berenang melawan arus. Yang terkenal disini yaitu batu setinggi 5 meter. Kalo kamu punya nyali lebih kamu harus coba yang satu ini! Naek ke batu tersebut pun harus memanjat tebing yang cukup licin, jadi harus hati-hati dan jeli memilih pijakan kaki. Sekali lagi, mending ikutin perintah si tour guide ketika memanjat tebing. Gw cukup takut, deg deg an tapi penasaran tuk lompat akhirnya gw memberanikan diri dengan mengumpulkan seluruh keberanian…tapi setelah melompat 1x eh ketagihan :P jadi gw coba lagi deh hehehehe total nyoba lompat 2x. Lalu lanjutkan acara berenangnya sambil di foto rame2 dengan teman2 tour.
Puas berenang, kita balik ke hotel dan istirahat sebentar, lalu lanjut deh dengan tour keliling goa-goa serta yg terkenal itu tuh ada Skalaktit yg berbentuk seperti kelamin pria dan wanita yang konon katanya, kalo si cewe pegang Skalaktit bentuk kelamin pria, dan si cowo pegang Skalaktit bentuk kelamin wanita, maka mereka akan menikah nantinya hohohohoh ^^! Yuk mareee tes tes 123….
Ada juga kita pergi ke goa bekas jajahan Jepang, yang dimana di gali pake alat2 manual dan dikerjakan oleh orang Indonesia sebagai romusa. Ada pula goa yg biasa di pakai orang2 tuk bertapa. Tuk masuk goa butuh senter biasanya di sewain seharga 5.000, so lebih baik kamu bawa senter dari rumah. Setelah keliling liat goa, kita menuju pantai Pangandaran buat foto2 sama seluruh temen2 yang ikut tour, kemudian naek kapal ke tengah laut, Harga naek kapal per orang Rp.25.000. Laut disana indah dengan ombak dan angin yg besar..cukup serem juga sih pas berada di tengah laut, karena ombak besar.
Abis dari naek perahu, kita makan seafood lagi malam harinya ditempat yg sama.

Hari Ketiga…pagi2 harusnya jadwal tuk maen surfing, tapi berhubung gw sempet sakit masuk angin (hikz3x ) gw harus skip tu jadwal dan bobo di kamar doang. Tapi pas agak siangan gw paksakan diri untuk beli oleh2 seperti asesories. Oleh olehnya seperti asesories gelang, kalung, tas anyaman, hiasan atau pernak pernik dari kerang, dll. Jam 1 siang akhirnya rombongan pulang ke Jakarta dan sampai di Taman Anggrek jam 11 malam. Fiuhhh cape naaa tapi fun kok..ok deh sampe sini dulu yach..makaciee banyak yach da baca2 blog-ku nanti aku lanjut dengan travelling lainny, see yaa ^^

No comments: