Saturday, October 24, 2009

Singapore ^^ (Nekad Style)


Jakarta Oktober 03, 2009 (11.11 PM)

Dear Diary,

My Second Travelling ke Singapore….Juni 12, 2009..yippieee ini ide tergila gw!
Kenapa gw bilang gila..karena gw lakukan dengan spontan. Kata temen gw yg kerja di sana, Nit not namanya, beli tiket murah di tigerairways itu dia dapet USD 50 (PP) dohh gw langsung ngiler deh. Dengan spontan gw cek wah ternyata emang lagi murah bangetsss..langsung gw puter otak cari “korban” kira kira sapa yg bisa gw ajak gokil bareng?? Tercetuslah si Pooja temen gw! Gw telp dia dan jelasin semuanya…eh dia merespon dengan positif bangets doh gw tambah semangat ajah! Cepet cepet deh kita cari tiket di tigerairways dan kita dpt harga murah sekitar USD 56 (PP). Setelah itu gw hubungin Ruth temen gw yg di Sing, untuk minta bantuan booking in hostel murah, dan dapet deh harganya SGD 32/ malam. Namnya Hawaii Hostel, no telp nya: 6338 4187 atau 6338 4363 atau web nya: www.hawaiihostel.com.sg alamat nya 171A Bencoolen Street Office 2nd floor Singapore 189641. Mereka menyebutnya hostel yg adalah tempat penginapan untuk para backpackers, harganya murah banget, tapi mengenai kebersihan atau kenyaman sih soriiii banget kamu ga bisa dapatkan disini. Kalo kamu mau, ada banyak orang sing yg punya apartmen kosong dan biasanya mereka sewakan harganya minimal SGD 50 per malam.
Ok lanjut, gw cari website mengenai tempat2 wisata Singapore, yaitu www.visitsingapore.com
Disini kamu dapat melihat detail berbagai tempat wisata berikut harga, dan jam buka nya..wah sangat helpful deh, gw saranin lebih baik print aja tempat wisata yg akan kamu kunjungi. Jangan lupa pula print peta MRT (Mass Rapid Transportation) so jadi gampang nanti kalo mo naek turunnya.

Persiapan beli tiket, buking hostel, print tempat wisata dan peta MRT sudah beres. Lanjut ke persiapan fisik, berhubung kemaren itu heboh dengan isu “Flu Babi, so pemerintahan Singapore memperketat wisatawan yg kluar masuk. Usahakan kamu lagi ga lagi pilek, batuk apalagi demam, karena nanti kalo terdeteksi suhu tubuh kamu diatas normal, kamu ga diperbolehkan masuk alias di suruh pulang lagi. Di bagian Imigrasi mereka memiliki alat deteksi suhu tubuh khusus loh!.

Ada kejadian seru sih pas mo brangkat dan alhasil petualangan agak meleset dari planning, penasaran kan??? Hhehehehhe …ok gini critanya, Gw akan flight jam 6 sore, karena gw n Pooja ngantor (kt temen 1 kantor) kita pulang jam 2 siang rencananya dan akan di anter dari kantor (Sudirman) ke Bandara Soekarno Hatta. Tiba tiba di jalan Gatot Subroto sebelum Gedung MPR/DPR kan kita mo masuk pintu tol..eh ternyata tutup booo!!! Arrggghhhhh menyebalkan banget….alhasil kita harus melalui jalan biasa yg dimana macetnya totallllllllllll wahhhhhhhh..gw panic abis dah . Dan loe tau ga??? Gw jalan dari jalan sebelum Gedung MPR/DPR ampe Palmerah Slipi itu 1jam!!!! Wahhh gw da ketar ketir liat jam terus secara itu kalo ga salah kita da jam 4 baru nyampe situ. Setelah itu mobil kita melesat ke tol Palmerah dengan gaya selap selip nya kita kebut deh secepat mungkin. Bad newsnya, nyampe di loket tiket tiger airways da tutup dan tadi gw sempet denger panggilan terakhir untuk boarding hiks hiks hiks wahhh mo nangis rasanya!!! Liburan gw bakal gagal total nehhhh….

Yang ada gw curhat deh ke temen kantor gw satu lagi, Syella namanya. Eh untung banget dia kasi ide untuk lewat Batam. Gw n Pooja langsung cari tiket ke Batam, cek Garuda, Lion dll. Lalu kita ke terminal 3 cek tiket Air asia sapa tau murah, eh yg ada abis, kita coba lagi ke terminal 1, cari ke Batavia Air….dapet deh tiket Jakarta – Batam harganya 400.000 flightnya jam 7 pagi. Karena di bandara Soekarno da malem dan besok jam 7 pagi kita akan brangkat, gw memutuskan nginep deh drumah Pooja biar brangkatnya bareng. Keesokan harinya kita brangkat dari rumah jam 5 pagi nyampe sana jam 6. Batavia Air nya ada delay sekitar 1 jam, doh semua serba deg deg an deh waktu mo pergi, waktu perjalanan Jakarta – Batam 1 jam. Lalu sampe juga deh di Batam, ada perasaan sedikit lega, lalu kita lanjutkan naek kapal ferry seharga SGD 17 + Pajaknya SGD 7 ini tiket gw bli di bandara Bandara, dari situ lanjut naek Taxi yg akan anter kita ke pelabuhan dan harga nya sudah di patok sebesar 70.000, mereka ga pake argo, ini sudah tradisi taxi disana, so kamu ga usah kaget ato tawar2 lagi. Supir taxi di batam cukup ramah dan informative, kata supir Batak kita, gw salah naek kapal fery, yg punya pemerintah kurang bagus kapalnya, lebih baik laen kali naek kapal milik swasta, toh harganya sama. Perjalanan dari Batam ke Singapore kurang lebih 1,5 jam.

Finally, Singapore I’m here!!!! Sampai di imigrasi sana, kita di cek suhu tubuhnya, dan di tanyain sama petugasnya kita akan menginap dimana? So, kamu harus jawab dengan tegas n jelas ya, kalo ga bisa ditahan lama2 sama dia, Dari imigrasi, kita menuju hostel kita yg terletak di jalan Bugis. Untuk pertama kali kita melihat MRT dan cara beli tiketnya pun kita binun? Alhasil kita tanya sama cowo anak kuliah yg antri di belakang kita, btw, orang orang Singapore itu sangat helpful banget, kebetulan tu cowo turun di terminal Bugis juga, dan dia pun menunjukkan jalan menuju Hostel kita. Melihat budaya dan kota dari Singapore, gw cukup senang dan amazed. Sekilas gw mo jelasin budaya orang2 Singapore, dilihat dari cara berpakaian para anak mudanya sangat fun, berkarakter, dan bebas dalam arti mereka bisa pake hot pants, rok mini, atau tank top bahkan di kendaraan umum tanpa ada tatapan “picik” dari orang2 sekitar. Kondisi jalanan yg bersih tanpa ada sampah sedikitpun, orang orang yg teratur antri, serta segala pola kerja yg sistimatis dan tercomputerized. Pokoknya, dari pola yg sistimatis tersebut membuat tingkat efektifitas kerja dari maximal, tidak seperti di Indonesia, yg waktunya habis di jalan karena macet total dimana-mana. Two thumbs for Singapore for the transportation systems! Semoga Jakarta bisa kayak Singapore wahhh pasti more fun.
Singapore juga penuh dengan orang orang berbagai suku, seperti India, Melayu, China..dan mereka itu membaur tanpa adanya “gap” dan pola pikir yg open minded membuat kita sebagai wisatawan gampang berinteraksi dengan mereka. Bahasa yg mereka gunakan adalah “Singlish” dalam arti bahasa Inggris campur2 melayu gitu yg pronouciation nya kurang jelas, dan membuat gw kesulitan mengerti heheheheh .
Oh ya, gw pergi pada saat Singapore Great Sale dimana hampir seluruh toko2, mall2 mengadakan diskon besar besaran. Banyak tuirs dari Indonesia datang ke Sing pada bulan ini.


Petualangan pertama di mulai, gw ketemuan dulu sama temen gw Ruth, untuk pinjamin Kartu MRT, karena lebih murah beli tiket untuk setiap perjalanan. Tinggal reload aja Sing 10, maka setiap kali kita pake akan ter-deduct secara otomatis. Harga tiket per trip itu berbeda,, tergantung seberapa jauh jarak yg ditempuh, yang pasti kalo deket2 doang cuma dibawah SGD 1. Pertama kita pergi ke Arab Street, ini adalah tempat seperti Pasar Baru nya Singapore, tempat jualan kain yg penjual nya mostly Orang India. Tiap toko memilki desain toko unik dengan ciri khas tersendiri.

Sekitar hamper jam 6 sore kita lanjut ke Esplande, yaitu Gedung Kesenian berbentuk Durian yg biasa dipakai untuk mengadakan pergelaran musik, lukisan dll. Dan turun kebawah, kita akan menemukan Patung berbentuk Singa yg menjadi Lambang atau Ciri khas nya Negara Singapore. Disana banyak wisatawan yg foto dan juga ternyata banyak calon pengantin, sekitar 2 pengantin gw temuin lagi sesi pemotretan ckckkckckckck.

Kemudian kita lanjut ke Jalan Mustafa naek MRT..disini ada Supermarket super lengkap yg open 24 Hours. Kalo kamu mo blanja apa pun dengan harga miring disini tempatnya.
Ada makanan, baju, cinderamata, barang2 eletronik, obat obatan, parfum asli pun ada disini. Banyak turis Indonesia lebih baik membeli parfum asli disini kerena harga yg miring serta terjamin keasliannya.

Hari Kedua, planningnya kita jalan ke Jurong Bird, Sentosa Island, Orchid Road. Sebelumnya kita mampir dulu kerumah Poojs’s auntie, di jalan Tampines. Thanks God, tantenya bekerja sebagai tour guide so kita dikasi informasi dan dapet free ticket ke Jurong Bird seharga SGD 25. Ok lanjut ke Jurong Bird, ini adalah taman burung buatan yg berisi variasi burung – burung dari berbagai Negara. Disini juga ada monorail yg berputar putar keseluruh taman. Monorail ini termasuk dalam harga tiket masuk. Terdapat pula jam2 reality show dari burung – burung, so kamu harus liat jadwal show nya supaya ga ketinggalan. Selain itu terdapat kios menjual cinderamata yg membuat kamu harus mengerok kantong lebih dalam.

Selanjutnya kita jalan ke Sentosa Island, pertama naek bus ke terminal lalu naek MRT kemudian naek kereta gondola. Nah di kereta gondola ini pemandangannya sangat indah, ada juga loh yg dinner di dalam gondola ini (so romantic heheheheh..) Nah sampai lah kita di Sentosa Island..ini adalah tempat seperti dufan tapi ini versi Raksasanya. Fiuhhhhh Sentosa Islan penuh banget..ada ribuan turis dari berbagai Negara dating. Yang terkenal di sini adalah “Song of the Sea” tiketnya SGD 10, disini kamu dapat melihat pertunjukan teater di pinggir laut asli di kemas dengan teknologi laser yg unik sekali, serta di kombinasikan dengan pertunjukkan air mancur yg indah. Para penonton akan duduk dipinggir pantai, dengan kapasitas bangku sebanyak 1000 orang. Pertunjukkan ini berlangsung 1 jam. Sebenernya di Sentosa Island ini banyak sekali tapi krn waktu terbatas gw ga keliling semuanya. Butuh 1 hari khusus kalo kamu mo datengin semua area permainan.

Terakhir gw ke Orchid Road, ini adalah pusat perbelanjaan terbesar dan termewah yg ada di Singapore dan toko2 ada yg buka sampai pagi. Contohnya, toko sepatu Charles n Keith jam 1 pagi masih penuh dengan pembeli. Terdapat toko baju seperti Giordano, Baleno, Hang ten yg harganya lebih murah dibanding beli di Indo.

Hari Ketiga, pagi2nya gw sempatkan beli oleh oleh makanan, cinderamata di jalan Bugis, deket hostel gw. Oh ya FYI, harga rata-rata makanan sekitar SGD 3.5 + minum aqua SGD 1 an. Kalo bisa kalian bawa cemilan, biscuit, dan minum supaya lebih hemat.
Untuk jalan2 keliling Singapore lebih baik kalian pake sandal jepit, kaos yg adem dan celana pendek aja + bawa air mineral krn kalo beli harganya SGD 1.

Nah gitu deh crita mengenai traveling gw ke SIngpore, bermodalkan tekad nekad, peta MRT yg sama sekali gw blom pernah liat, dan juga teman seperjuangan . Disini gw mo ngucapin tengkyu sama teman seperjuangan nekad gw yaitu Pooja and makaciee juga buat temen2 yang mo baca2 blog-ku, kalo mo ada pertanyaan ato comment2 juga bole, see u at another crazy n fun trip!!!

No comments: