Tuesday, March 30, 2010

Pulau Pramuka. ^^ Snorkling Time!

Cek cek tanggalan eh ada yg long weekend tuh Feb 26 – 28, wuihhh mayan nih buat travelling lagi. Mulai deh puter otak dan nge-goggling hehehehe…and then gw temukan lah Pulau Pramuka. Pulau Pramuka letaknya di Kepulauan Seribu, ya Pulau dengan pantai yg bersih, indah, dan enak nya lagi jarak tempuh yang dekat dari Jakarta. Berangkat jam 5.30, karena dekat dari rumah (rumah gw Kapuk) so gw memutuskan naek ojek tetangga seharga Rp. 15.000, kalo ada yg mo naek angkot dari grogol coba deh cari angkot merah no B01 (jurusan grogol – muara angke) ongkos Rp. 3000 turun ajah di Muara Ange (Kampung Nelayan) dari situ kalo males jalan kaki naek becak ajah kedalamnya paling bayar Rp. 3000 – 4000. FYI, usahakan nyampe di pelabuhan sekitar jam 6 an biar bisa pilih tempat duduk, kalo ga bisa berebutan dan duduk di atas perahu. Karena gw peginya pas long weekend jadinya rame dan berebutan. Tuk harga tiket Cuma Rp. 30.000/orang/trip dan ongkos di minta sama kenek ketika kapal da mo nyampe. Enaknya kapal itu pergi atau berangkat ontime, perjalanan dari Muara Angke ke Pulau pramuka sekitar 2.5 – 3 jam. Brangkat jam 7 pagi tepat, untung cuaca lagi ok, dan nyampe di Pulau Pramuka jam 09.30 tapi karena dermaga nya full, kapal kita memutar 2x sampe ada tempat tuk parkir akhirnya berlabuh jam 10.00. Yeahhh finally, menginjakkan kaki di PULAU PRAMUKA, dan gw segera menelpon si ibu Mulyani pemilik Mega Homestay tempat kita menginap. Harga Homestay per malamnya Rp. 300.000 dengan fasilitas tempat tidur muat sampai 4 – 5 orang, tv, kamar mandi dalam, dan AC. Tapi sebenernya Mega Homestay memiliki 2 Kamar Besar yg bisa muat sampai 6 – 10 orang dengan harga lebih murah Rp. 400.000/malam, tapi da di booking sama tamu lain. FYI, listrik di sini cuma beroperasi dari jam 16 – 7 pagi, kecuali si villa memiliki genset sendiri dimana listrik bisa nyala 24 jam. Lanjut, akhirnya kita di jemput deh, taro tas dan tiduran bentar di kamar. Waktu menunjukkan jam 12, cacing di perut da demo weikssssss L waktunya Maksi bo!!! Kita mam di rumah makan Ibu Ade, rasanya cukup enak apalagi ikan kembung di pedesin eemm nyummy…btw, lebih baik makan lauk ikan dibanding ayam karena harganya jauh lebih murah.

Next, kita lanjut ke “Snorkling” yeahhh it’s the Best Part of this journey J. Gw ga tau kalo long weekend itu banyak pula yg sewa alat snorkeling, kita sempet putar sana sini cari penyewaan snorkeling,,,hampir mo nangis gw karena dimana mana full da di sewa orang hikzzz L…tapi emang gw hoki dapet juga deh tuh, si Villa Dermaga itu masi ada sisa alat2 snorkeling, sebenernya sih peraturan disini tiap villa or homestay memiliki alat snorkeling tapi khusus tuk tamu tamunya saja, tapi kalo kebetulan sisa ya boleh di sewain ke tamu lain. Harga sewa alat Rp. 35.000/orang/hari, 1 set dapet : 1 snorkel, 1 masker selam, 1 pasang kaki katak, 1 pelampung. Sedangkan biaya sewa kapal kalo 1 hari full Rp. 300.000, kalo setengah hari Rp. 250.000, perahu ini dapat mengantar kemana saja kita mau asal tidak lewat dari waktunya. Karena da ga sabar langsung deh kita naek kapal, menuju Sub Coral, kata orang2 sana ini tempat yg bagus tuk snorkeling bisa liat banyak terumbu karang dan ikan ikan hias. Perahu melaju kencang, rasa penasaran pun hinggap duh rasanya pingin cepet2 nyebur hehehehhehe…^^.

Awalnya agak takut mo nyemplung, abis dalem banget, tapi gw penasaran dari dulu mo coba snorkeling, tapi setelah nyemplung 5 menit malah ketagihan, untung si tukang perahu itu ternyata bisa memandu kita juga tuk putar2 bahkan dia lebih hebat bisa berenang tanpa alat snorkeling lengkap hanya pake kaca mata renang. Yang lebih bikin gw salut, ternyata si pemandu, sangat menghargai kelestarian laut baik terumbu karang, ikan hias dsbnya terbukti dengan mereka meminjamkian tanaman terumbu karang ke gw tapi abis selesai gw liat ya tu tanaman di balikin lagi ke laut oleh si pemandu..hohoho salut salut! Senengnya akhirnya cita cita gw tercapai, gw bisa melihat dan bahkan menyentuh terumbu karang, wow indah banget, luar biasa deh, amazed gw jadinya!!! Ada ikan hias, kerang dan si bulu babi, ubur2. Hati hati ya sama si ubur2 kalo di sengat bisa sakit.

Snorkeling sekitar 1 jam an, kita lanjut ke Pulau Air, pulau indah dengan pasir putihnya dan bersih sekali. Denger2, pulau ini adalah Pulau pribadi milik Pengusaha. Kalo kita datang pas pemilik pulau ada acara, kita pasti tidak diperbolehkan mampir.

Nest destination adalah Pulau Semak Daun, pulau ini adalah Pulau konservasi tuk tanaman Mangrove, pulau ini juga sering di gunakan tuk orang2 kemping. Ketika mampir dipulau ini kita harus membayar Rp. 10.000 sebagai uang parkir per kapal tanpa batas waktu. Wow keren deh tempatnya banyak bintang laut beterbaran di laut, serta kepiting2 kecil..lucuuuuuuu karena gw sebelumnya blom pernah liat bintang laut eh sekarang bisa liat dan megang juga hiihihihi agak geli2 gitu ya ternyata bintang laut itu. Disini ada toilet tapi kotor banget, ada pula ibu penjual indomie dan kopi, mo foto2 juga ok karena tempatnya sepi dan pemandangannya indah. Hari menjelang sore, biasa cacing di perut da pada demo, yuk lanjut ke Nusa Keramba!

Nusa Keramba adalah restoran ditengah laut, wuihh tempatnya romantic banget, bersih dan view pas sore hari sangat indah. Disini juga tempat penangkaran ikan hiu dan ikan2 lainnya, keren deh bisa liat anak2 hiu. Laper banget perut…kita order deh makanan..nunggu2 sekitar 30 menit ternyata blom dateng juga tu makanan, akhirnya kita tanya ke si kasir (btw, disini ga ada pelayan pramusajinya, so kita pesen langsung ke si kasir). Ternyata kita salah taktik..disini para tamu datang dengan sebelumnya da order dulu pas siangnya baru selese snorkeling sore2 mereka makan disini. ALhasil karena da keroncongan ni perut, kita cancel deh, hiks sedih blom nyobain tapi gpp minimal da liat restorannya kayak apa. Finally kita pulang ke Pulau Pramuka tuk cari makan disana ajah. Kebetulan si pemilik homestay memberikan rekomendasi tempat makan seafood yg enak, jalan agak jauh dari homestay, tapi ga nyesel deh. Kita pesen setengah kilo cumi goreng tepung, setengah kilo ikan bawal bakar, setengah kilo ikan kue, nasi dan minum teh anget. Pas mam, wahhhh mankyusssssss enak gila!!!!! Ikannya seger banget, cumi nya apa lagi, gede2 banget..ukuran cumi segini besar baru gw liat di sini doang! Pelayanan si pramusaji juga ramah serta cepat. Dan hebatnya lagi harganya tuk menu kayak gitu dan porsi 5 orang Cuma Rp. 112.000, kita smua langsung terbengong2 dan amazed gitu…Sukur deh bisa makan murah, enak, dan tidur nyenyak hohohohoh…

Sengaja bangun jam 5 pagi tuk menikmati sunrise dan foto2, wah indah deh bisa liat sunrise J. Selesai itu kita sarapan indomie dan nasi uduk. Semua pedagang keliling di Pulau Pramuka menggunakan semacam gerobak dorong tuk membawa barang jualannya. Ada pula penduduk yg memiliki 2 kelinci besar di biarkan melompat2 di jalan rayanya tanpa takut ketabrak motor atau orang yg lewat..ih lucu deh bisa liat kelinci di biarkan bebas! Oh ya disini juga ada penyewaan sepeda, perjam Rp. 10.000 tapi 1 jam selanjutnya Rp.2.500. Asyik nya bisa naek sepeda mengelilingi pulau, sambil liat2 pemandangan laut..emmm indahnya….hal ini akan sulit didapatkan ketika kita di kota besar bukan? Oh ya kita juga lanjut tuk liat-liat penangkaran penyu. Sebelum pulang ga lupa beli oleh2, disini banyakan jualan ikan asin (Rp. 6.000), Keripik Sukun (RP. 9.000—ini sukun yg enak jenisnya) kalo yg biasa keripik sukunnya agak keras harganya Rp. 6.000, Dodol Rumput Laut Rp. 6000.

Waktu menunjukkan pukul 11.30 waktunya rapi2 tas dan kita siap menuju darmaga. For your info, pulang sistem pembayarannya agak berbeda ketika berangkat dari Muara Angke, pas pulang kita harus siapkan tulis dikertas nama orang yg akan naek kapal dan uangnya. Teng jam 13.00 kapal kita merapat di dermaga…rame2 deh berebut naek kapal dan tempat duduk. Ada pengalaman yg bikin kita dag dig dug pas pulang, you know what? Kapal kita mogok di Tengah Laut! OMG…..langsung teringat Titanic hahahahhaha J sempet terombang ambil 30 menit, ktanya sih habis solar wieksss (sambil menelan ludah) untung ada kapal penjual solar lewat dan kapal kita beli 2 dirigen. Akhirnya berhasil deh kapal kita jalan horeyyyyy deg deg an nya jadi ilang! Hati da sangat senang karena kita sudah melihat apartmen2 Pluit dari jauh, berarti dikit lagi nyampe. Tut tut tut…bunyi mesin mati lagi hiks…panic attack! Kapal kita mogok tuk kedua kalinya, kali ini pas di cek ternyata selang nya bocor so banyak solar kebuang….terpaksa di petugas kapal pegangin tu selang sampe Muara Karang. Fiuhhh setelah nyampe lega banget..si Mas mas petugas kapal sempat meminta maaf atas matinya mesin kapal tersebut (sopan juga ya mereka J). Kita rame2 pulang naek B01 ke arah mega mall, dan berpencar ke rumah masing2.

Nah gitu deh critanya tentang travelling ke Pulau Pramuka. Saran gw sih mending pegi rame2 sama temen atau kluarga supaya lebih seru dan bisa teken budget. Arigato gozaimas ya da mo baca2 blog gw. Kalo ada butuh info2 mengenai Pulau Pramuka, bisa hubungi ke imel gw atau comment ajah di blog. Ntar gw upload jalan2 selanjutnya see yaa…!

1 comment:

thiend lim said...

yup, pulau pramuka amazing, nyk kenangan di sana....neh rencana klu bisa mo maen kesono lagi, seklaian maen ke tidung....da pernah ke tidung?